Pelukis Realism Asal Tegal – Jawa Tengah

Kecintaan terhadap dunia seni lukis membuat saya memilih seni lukis sebagai pilihan pekerjaan. Dengan melukis saya menemukan kesenangan dalam menyalurkan ide, gagasan dan pemikiran.

pelukis realis mohamad ali image 1

Ada banyak cara orang dalam menyampaikan ide dan gagasan melalui karya lukisan. Keberagaman cara melukis misalnya : gaya lukisan realism, gaya ekspresionisme, gaya ekspresionisme dan masih banyak lagi. Dari berbagai gaya atau aliran dalam melukis, saya lebih memilih gaya melukis realis (realism painting).

Gaya melukis dengan aliran realis adalah cara melukis dengan mengutamakan kemiripan objek yang dilukis. Baik kemiripan bentuk (anatomi), kemiripan warna (colloring) maupun kemiripan suasana. Hasil lukisan yang dihasilkan oleh pelukis realis hampir sama persis dengan objek yang dilukis. Dengan melukis realis saya merasa ada sebuah tantangan dalam berkarya. Penikmatpun akan lebih mudah mencerna lukisan dengan gaya realisme. karena mengejar kemiripan dengan sebuah objek, maka untuk mengerjakan sebuah lukisan saya menghabiskan waktu paling sedikit satu minggu. Bahkan terkadang sebuah karya baru saya anggap selesai setelah saya kerjakan hampir satu bulan, tergantung tingkat kesulitan objek yang saya lukis. Memang tidak ada karya yang sempurna, tetapi ketika sebuah karya dua dimensi saya lukis secara maksimal, disitulah letak sebuah kepuasan saya.

Melukis adalah sebuah proses menuju kematangan dalam estetika. Untuk itu saya terus bereksplorasi guna mematangkan karya saya. Dari belajar secara otodidak dan menimba ilmu dalam sebuah komunitas Sanggar Putik, sampai pada akhirnya saya memiliki banyak lukisan dengan bermacam ragam tema. Misalnya tema lukisan kuda, tema lukisan burung rajawali, lukisan bunga mawar, dan lukisan harimau. Dari tema-tema itu, lukisan dengan tema harimau adalah tema yang paling saya sukai. Saya ingin terus mengeksplorasi harimau ke dalam lukisan-lukisan saya.

Lukisan memang butuh apresiasi. Saya bersyukur dari sekian banyak karya yang telah saya hasilkan, banyak diantaranya telah terjual melalui galeri-galeri lukisan di Jakarta. Saya bersyukur, lewat dunia lukisan, Tuhan memberiku jalan dalam mencari rizki.

Oh, ya… bila Anda hendak datang ke rumah lukisku, silakan berkunjung ke rumah saya. Saya tinggal di Desa tembok Kidul, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah

  • cara melukis
  • aliran melukis
  • lukisan abstrak
  • macam-macam gaya melukis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *